Healthy Everyday and Everywhere

5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang paling penting ada di dalarn tubuh kita. Selama kita hidup jantung terus berdenyut untuk memompa darah guna kelangsungan kerja sel-sel dalam tubuh. Karenanya untuk menjamin kesehatan dan kebugaran tubuh, sangat wajar sekali kalau perhatian terhadap kesehatan jantung merupakan perioritas utama bagi kita. Namun karena gaya hidup yang tidak sehat, kebanyakan dari kita cenderung untuk mendapat serangan jantung.

Seperti yang telah banyak diketahui, serangan jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian pada masyarakat baik di negara-negara maju maupun berkembang seperti Indonesia. Namun, serangan jantung bukannya tidak bisa dihindari. Hanya kita perlu menjaga kesehatan jantung kita mulai dari sekarang. Bagaimana caranya?

Ada banyak cara dan tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung kita. Salah satunya dapat di simak dalam buku yang ditulis oleh Dr. Jamilah Jamaludin berjudul Jantung - Antara Hidup dan Mati (1997). Tips-tips yang dia sarankan diantaranya mengontrol berat badan, menjaga pola makan, berhenti merokok, berolahraga, dan merubah gaya hidup.

1. Kontrol berat badan

Kegemukan sering memicu faktor resiko penyakit lain seperti tingginya tingkat kolesterol, darah tinggi, diabetes dan sebagainya. Jadi, berat badan yang berlebihan harus dikurangi ke nilai yang sesuai untuk bentuk tubuh seseorang.

Mereka yang memiliki berat badan yang berlebihan terjadi karena kalori yang tinggi dalam makanan mereka tidak terpakai. Kelebihan kalori itu dirubah menjadi lemak yang berkumpul pula pada bagian-bagian tubuh  seperti paha, perut dan sebagainya termasuk di jantung. Lemak yang terkumpul pada jantung inilah yang akan mengganggu kerja jantung.

2. Makanan

Bagi mereka yang ingin mengurangi berat badan, sedapat mungkin menghindari makanan yang kaya lemak seperti mentega, keju, minyak sapi dan makanan bersantan.

Makanan yang mengandung kolesterol juga harus dihindari. Ini termasuk telur, mentega, hati, otak dan sebagainya. Penggunaan minyak dalam proses memasak juga harus dibatasi. Dianjurkan makanan dimasak secara kukus dan panggang. Mamasak dengan cara ini terbukti lebih baik untuk kesehatan jantung.

Sayuran seperti wortel, mentimun, semua jenis kubis dan sayur berdaun hijau dan beraneka ragam buah-buahan sangat baik untuk menjamin kesehatan dan kebugaran tubuh secara umum. Sayuran dan buahan-buhan disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.
Satu hal lagi yang terkait dengan makanan adalah disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol. Ia bukan saja akan menyulitkan usaha menurunkan berat badan tetapi juga mendatangkan bahaya bagi tubuh, terutama hati.

3. Berhenti merokok

Mayoritas mereka yang mendapat serangan jantung adalah perokok. Jika pernah mendapat serangan jantung, patuhilah nasihat dokter agar kebiasan merokoknya dihentikan. Ini akan mengurangi risiko berulangnya penyakit jantung itu.

4. Berolahraga

Berolahraga adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan. Joging, berjalan dan mengayuh sepeda merupakan  contoh olahraga untuk mereka yang mengindari serangan jantung.
Olahraga yang dilakukan secara teratur akan sangat baik dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Aktifitas olahraga dapat membantu jantung mendistribusikan darah secara lebih efisien. Lebih dari itu, dengan berolahraga secara teratur juga membuat tekanan darah menjadi turun.

5. Merubahan gaya hidup

Resiko penyakit jantung koroner dan hipertensi / tekanan darah tinggi sering dikaitkan dengan praktek atau cara hidup seseorang. Ini meliputi aspek gizi yang tidak seimbang, konsumsi alkohol, kebiasaan merokok dan sebagainya.

Jika aktifitas dan gaya hidup kita belum sesuai dengan kaidah-kaidah umum kesehatan segeralah rubah. Pola hidup yang sehat tentunya dapat menjaga tubuh kita, sekaligus menjaga jantung agar selalu sehat dan bugar. (ek/my)



5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung