Healthy Everyday and Everywhere

Minum Teh Untuk Memperbaiki Mood dan Mencegah Stroke

Apakah Anda ingin tahu cara yang menyenangkan untuk menjaga kesehatan? Info menarik berikut pasti Anda tunggu-tunggu. Anda hanya perlu segelas teh setiap hari untuk menjamin kesehatan tubuh dan menghasilkan kecerdasan mental.

Hal ini telah dibuktikan oleh ahli teh terkenal di dunia dalam sebuah simposium yang mengemukakan hasil penelitian terbaru mereka mengenai kolerasi antara konsumsi teh dan kesehatan baru-baru ini.

"Teh sudah menjadi bagian dari cara hidup masyarakat Indonesia. Kita menikmati minuman ini dalam berbagai cara, baik teh biasa, teh susu atau teh hijau. Kami ingin memberi jaminan kepada konsumen bahwa apa yang mereka minum memberi dampak yang positif  bagi kesehatan," kata Quah Seng Khie, Manajer Unilever Holdings Sdn. PT.

"Simposium ini memberi kesempatan kepada pakar teh untuk berbagi metode ilmiah baru dan mendorong diskusi tentang manfaat teh bagi tubuh," ujarnya.

Penelitian yang dilakukan berfokus pada manfaat tianin dan flavonoid yang terkadung dalam teh. Hasilnya menunjukkan fakta yang menarik, khususnya manfaat teh dalam memperbaiki mood, meningkatkan fokus dan kecerdasan serta menurunkan risiko stroke iskemia.

Teh untuk kesehatan psikologis

Manfaat konsumsi teh yang dikaitkan dengan kesehatan psikologis telah lama menjadi fokus penelitian ilmiah. Sebuah penelitian yang dipresentasikan oleh Dr. Georgie Russell dari R & D Unilever dan Institut Teh Lipton menunjukkan bahwa konsumsi teh memberi pengaruh yang positif terhadap mood.

”Mengkonsumsi teh secara rutin akan membuat Anda mendapatkan mood yang lebih baik dalam menghadapi aktifitas sehari-sehari. Dampak positif terhadap mood bukan saja membuat kita merasa lebih bahagia dan ceria, tetapi dari penelitian menunjukkan bahwa teh juga dikaitkan dengan manfaat seperti peningkatan kreativitas dan dukungan pada sistem imun," kata Russell.

”Selain memperbaiki mood, kami juga menemukan bukti baru yang menunjukkan bahwa konsumsi teh bisa membantu Anda menjadi lebih fokus dan memperbaiki kecerdasan subjektif. Dengan mengambil satu dosis kuat tianin dan kafein, dua bahan aktif yang terdapat secara alami dalam teh, akan membuat jaringan perhatian otak diaktifkan secara lebih efisien”  tambahnya.

Menurunkan resiko stroke

Dr. Lenore Arab, Profesor di David Geffen School of Medicine di UCLA, mengungkapkan bahwa konsumsi teh setiap hari berpotensi menurunkan risiko stroke iskemia sebanyak 21 persen.

Stroke adalah penyebab kematian ketiga tertinggi di Indonesia. Asosiasi Stroke Nasional Indonesia memperkirakan terdapat sekitar 40.000 penderita stroke di Indonesia.
Stroke juga merupakan penyebab utama cacat fisik. Stroke iskemia, terjadi ketika pembuluh darah tersendat, meliputi sekitar 83 persen dari semua kasus stroke yang dilaporkan.

Dr. Sheila Wiseman dari Institut Teh Lipton, mendukung pernyataan ini dengan hasil penelitian yang berbeda. Ia menjelaskan bahwa flavonoid teh membantu menenangkan saluran darah.

"Hanya 100 miligram flavanoid teh sehari yakni lebih kurang dari satu gelas teh sehari dapat membantu memperbaiki kapasitas elastisitas pembuluh darah. Ini berarti efek positif konsumsi teh pada fungsi vaskular mungkin relevan untuk kebanyakan orang di dunia yang hanya minum satu atau dua cangkir teh sehari, "ujarnya. (ks/hm)



Minum Teh Untuk Memperbaiki Mood dan Mencegah Stroke