Healthy Everyday and Everywhere

Makanan Untuk Kesehatan Mata

Pilihan makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Penelitian telah membuktikan bahwa nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti Age-Related Macular Degeneration (ARMD), katarak, glaucoma dan Diabetic Retinopathy .

Sebuah penelitian yang dilakukan National Eye Institute (NEI) menunjukkan bahwa vitamin dan nutrisi tertentu merupakan kunci utama pencegahan penyakit mata. Nutrisi dan vitamin tertentu tersebut bisa mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia hingga 39%.

Salah satu kandungan dalam makanan yang berperan dalam menjaga kesehatan mata adalah lutein. Lutein merupakan antioksidan karotenoid yang banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran. Lutein ini juga merupakan pigmen yang memberikan warna kuning dan oranye pada sayuran.

Antioksidan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata karena dapat melindungi mata dari katarak dan degenerasi macular. Hal ini biasanya terjadi di bagian macula retina. Macula merupakan bagian retina yang bertanggung jawab dalam hal penglihatan sentral (central vision). Central vision ini hilang pada mereka yang mengalami degenerasi macula.

Untuk menghindari gangguan mata, Anda bisa mulai dengan mengatur pilihan makanan Anda. Berikut beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata:

Wortel
Wortel sudah lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk mata. Ini karena wortel adalah makanan yang├»  kaya dengan beta karotin. Beta karotin akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Tentunya Anda sudah tahu kalau vitamin satu ini, berperan penting dalam proses bioelektrik di mata. Selain itu, juga bisa membantu tubuh melepaskan bahan radikal bebas.

Alpokat

Alpokat mengandung lebih banyak lutein dibandingkan dengan buah lain. Zat ini sangat penting untuk mencegah degenerasi  macular  dan  katarak. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber yang kaya akan nutrisi yang penting untuk mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

Telur

Telur kaya akan nutrisi mata seperti vitamin A, zinc, lutein, lecithin, B12, vitamin D, dan Cysteine.

Brokoli


Brokoli kaya dengan vitamin C, kalsium, lutein, zeaxanthin, dan sulforaphane.

Bayam

Bayam merupakan sumber lain yang kaya vitamin A. Bayam juga mengandung nutrisi yang baik untuk mata seperti lutein dan zeaxathin.

Kubis

Sama seperti bayam, kubis juga kaya akan vitamin A, lutein, dan zeaxathin.

Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan lycopene, dua nutrisi yang sangat penting untuk mata.

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung selenium, nutrisi yang bisa mencegah katarak dan juga menjaga kesehatan mata secara umum.

Bawang putih


Bawang putih mengandung selenium dan nutrisi yang baik untuk mata seperti vitamin C dan quercetin.

Ikan Salmon

Ikan Salmon kaya akan omega-3 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata secara umum. Salmon juga mengandung asam folik, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin A. (ks/ppi)




Makanan Untuk Kesehatan Mata