Healthy Everyday and Everywhere

Tips Agar Mudah Berhenti Merokok

Untuk berhenti merokok, Anda membutuhkan sebuah motivasi yang benar-benar kuat dan kokoh. Bisa jadi Anda ingin melindungi keluarga Anda dari bahaya rokok. Atau Anda ingin tampak lebih muda dan sehat. Atau Anda mulai sadar untuk berhenti merokok karena tahu rokok diantara penyebab utama berbagai penyakit berbahaya. 

Mungkin telah sering Anda dengar bahwa setiap sedotan asap rokok  Anda akan menyerap masuk lebih dari 4,700 bahan kimia yang telah terbukti berdampak buruk pada setiap inci tubuh. Beberapa efek buruk ringan rokok adalah kulit lebih cepat keriput, gigi dan jari menjadi kuning dan lambat sembuh dari luka.

Diantara efek yang sangat berbahaya adalah osteoporosis, katarak, diabetes, kehilangan gigi dan emfisema. Rokok juga membahayakan jantung, jika Anda berhenti merokok, risiko mendapat serangan jantung menurun sebesar 50% dalam setahun. Rokok juga berada di tangga teratas dalam daftar penyebab kanker

Di Amerika, setiap tahun sejumlah 400.000 orang meninggal dunia karena berbagai masalah yang berkenaan dengan rokok. 50% dari kematian tersebut disebabkan penyakit kardiovaskular dan 30% lagi oleh kanker paru-paru. Menjelang 2030, WHO memprediksi kanker paru akan menjadi diantara penyebab utama kematian di dunia.

Tidak perlu berhenti total secara mendadak

Langsung berhenti secara total bukanlah hal yang mudah dilakukan. 95% perokok yang mencoba untuk berhenti merokok kembali ke kebiasaan lama kembali setelah beberapa saat berhenti merokok. Penyebabnya adalah karena nikotin membuat seseorang kecanduan. Ketika asupan nikotin tiba-tiba tidak dihentikan gejala-gejala disebabkan ketiadaan nikotin akan terjadi.

Coba terapi nikotin pengganti

Ketika Anda berhenti merokok secara mendadak, gejala ketiadaan nikotin akan menyebabkan Anda merasa tertekan, resah dan mudah marah. Terapi nikotin pengganti mampu mengurangi perasaan-perasaan tersebut. Penelitian menunjukkan permen karet nikotin mampu meningkatkan persentase kesuksesan program berhenti merokok  Anda secara significant.

Bersihkan rumah

Setelah rokok, pastikan Anda buang sisa-sisa mangkuk rokok dan juga korek api. Cuci semua baju yang berbau rokok dan bersihkan karpet rumah Anda. Gunakan semprotan seperti 'febreeze' untuk membuang bau-bau rokok tersebut. Anda tidak boleh melihat dan juga mencium apa-apa yang mengingatkan Anda pada rokok.

Kelola stres Anda.

Salah satu penyebab mengapa seseorang mulai merokok adalah karena rokok membantu untuk meredakan stress. Bila Anda berhenti, Anda membutuhkan alternatif lain untuk mengatasi stres Anda. Coba lakukan aktivitas yang dapat menenangkan pikiran seperti pijat, spa, mendengar lagu-lagu yang lembut ataupun Anda bisa mempelajari yoga maupun tai chi. Kalau bisa coba hindari situasi yang menyebabkan stres beberapa minggu saat Anda berhenti merokok.

Hindari alkohol, dan faktor pencetus yang lain.

Alkohol adalah diantara faktor pemicu utama yang bisa meningkatkan rasa ingin merokok. Jika Anda terbiasa minum alkohol cobalah untuk mengurangi aktivitas minum Anda jika Anda bertekad kuat untuk berhenti merokok. Jika kopi adalah pencetusnya, coba tukarkan dengan teh untuk beberapa minggu.

Olahraga dan olahraga.

Apa yang  disukai dari olahraga adalah ketika Anda berkomitmen untuk berolahraga, Anda akan merasakan diri Anda untuk berhenti merokok. Misalnya jika Anda berada di gym, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang menarik, banyak hal yang harus dikorbankan dan diantaranya kebiasaan merokok. Hal ini sekaligus membantu Anda berhenti merokok tanpa Anda sadari.

Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan.

Tidak perlu berdiet di saat yang sama mencoba untuk berhenti merokok. Terlalu banyak program malah akan menghancurkan diri Anda. Fokuskan dalam memenuhi menu buah-buahan dan sayuran dalam menu makanan Anda. Penelitian Universitas Duke menemukan, berbagai jenis makanan ini menyebabkan rasa rokok itu menjadi tidak menyenangkan.

Hal yang lumrah sekiranya Anda gagal dan kembali kepada kebiasaan lama Anda. Banyak perokok mencoba berhenti beberapa kali sebelum benar-benar membuang rokok untuk selamanya. Evaluasi apa yang menjadi penyebab kegagalan Anda. Gunakan kejadian tersebut untuk menguatkan komitmen Anda untuk berhenti merokok sekali lagi dan lagi. (ks/ps)



Tips Agar Mudah Berhenti Merokok