Healthy Everyday and Everywhere

Cara Mencegah dan Mengobati Diabetes

Pada diabetes tipe 2, pencegahan diabetes dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup dan pola makan.  Menurut berbagai penelitian perubahan tersebut terbukti efektif menekan risiko diabetes. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk menyadari bila diabetes sudah ada dalam diri Anda. Sekitar 8,6 % penduduk Indonesia menurut WHO mengidap diabetes, sayangnya banyak yang tidak menyadari sampai kasusnya menjadi kronis.

Perubahan cara hidup tersebut mampu mencegah diabetes terutama pada mereka yang memiliki cacat daya tahan glukosa (Impaired glucose tolerance / IGT), atau cacat puasa glukosa (impaired fasting glucose / IFG). Penelitian menunjukkan kedua keadaaan merupakan tanda awal diabetes mampu dibalikkan dengan kontrol makanan yang benar.

Selain itu, tidak salah untuk mereka yang tidak memiliki gejala awal diabetes untuk turut ikut mengambil langkah pencegahan untuk menghindari diabetes dengan melakukan beberapa hal yaitu:

Pengaturan makanan


Melakukan kontrol pada setiap makanan yang kita konsumsi  sudah seharusnya kita lakukan untuk mencegah diabetes maupun penyakit-penyakit lain secara umum. Makanan dengan kadar gula tinggi  gula memang merupakan perioritas utama untuk diatur, namun ini tidak berarti makanan-makanan lain boleh dimakan sesuka hati. Ini karena nilai kalori pada makanan yang berlebihan itu kan mengakibatkan penumpukan zat-zat pencetus diabetes

Untuk kepastian bahwa makanan yang dimakan tidak melebihi batas catatlah apa yang sering dimakan dalam sehari dan bicarakan dengan dokter.

Olahraga

Olahraga juga penting tetapi itu harus dimulai secara bertahap dan dengan nasihat dokter. Olahraga berfungsi dengan tiga cara yaitu membantu menggunakan kalori yang berlebihan saat makan, membantu mengurangi berat badan dan akhirnya dapat juga menambahkan kesehatan jantung dan paru-paru (cardiorespiratory) kita. Satu penelitian tentang diabetes dalam waktu 3 sampai 6 tahun menemukan olahraga seperti berjalan selama 2 1/2 jam dalam waktu seminggu dapat mengurangi perkembangan diabetes sebesar 40% - 60%.

Menjaga berat badan

Telah sama diketahui mereka yang berat badannya tidak tinggi lebih mudah mengontrol kadar gula di dalam darah mereka dan dengan itu obat dapat dikurangi. Separoh penderita diabetes dapat menghentikan obat semua sekali setelah berat badan dapat dikontrol.

Pemeriksaan diri sendiri

Seseorang seharusnya waspada tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh mereka yaitu dari segi kulit (terutama di bagian kaki), rasa bebal / kebas pada ujung jari tangan atau kaki dan apa-apa perubahan lain yang dirasakan. Selain itu, pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan kadar gula dalam darah harus terus dijalankan.

Pemeriksaan oleh dokter secara tahunan

Pemeriksaan secara rutin terutama bagi mereka yang beresiko tinggi memungkinkan pengidap diabetes mengambil langkah awal untuk merawat diri mereka. Diperkirakan untuk setiap 1% pengurangan tingkat tes darah A1C, mampu mengurangi masalah terkait diabetes sebesar 40%. Selain itu perawatan awal diabetes juga bisa mengurangi 30% sampai 70% kegagalan ginjal. Perawatan anggota kaki tangan mampu mengurangi kasus anggota badan harus dipotong karena komplikasi infeksi sebesar 45% - 85%.

Penggunaan Obat

Penggunaan obat untuk mencegah diabetes masih dalam penelitian yang lebih lanjut di Amerika Serikat. Obat seperti metformin dapat mengurangi persentase mengidap diabetes sebesar 31%. Perawatan menggunakan metformin lebih efisien untuk mereka yang berusia muda, dan gemuk. Pengobatan metformin kurang efisien pada mereka yang normal untuk mencegah diabetes.

Informasi yang diberikan tidak seharusnya digunakan untuk mengidentifikasi atau mengobati jenis penyakit. Silakan kunjungi dokter atau ahli medis yang terlatih dan manapun untuk tujuan mengidentifikasi jenis penyakit dan pengobatan yang tepat. (ks/ppi)



Cara Mencegah dan Mengobati Diabetes