Healthy Everyday and Everywhere

Diet dan Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Pada intinya, tidak ada diet khusus untuk diabetes. Makanan yang dimakan penderita diabetes adalah makanan yang sama dengan yang dimakan semua orang. Pola makan yang direkomendasikan untuk penderita diabetes juga baik untuk semua orang. Perbedaannya, pola makan ini jauh lebih penting bagi penderita diabetes, karenanya tanpanya obat-obatan menjadi tidak efektif.

Yang terpenting bagi penderita diabetes adalah mereka harus makan secara teratur. Anda dapat dengan mudah menjaga kadar gula darah jika Anda makan dengan taratur. Jika Anda menggunakan insulin, ahli diet atau dokter akan menjelaskan pentingnya menyeimbangkan makanan dengan suntikan dan secara bertahap menemukan cara Anda sendiri agar asupan makanan Anda memproduksi energi.

Hal ini mungkin sulit pada awalnya, tapi dengan disiplin yang baik Anda dapat melakukannya. Umumnya, Anda harus mengkonsumsi makanan besar atau makan ringan setiap 3-4 jam dan mengambil obat-obatan atau suntikan untuk membantu mengendalikan kadar gula darah Anda. Jika Anda bekerja di malam hari Anda mungkin perlu makanan tambahan atau makanan ringan.

Ada beberapa jenis makanan yang baik bagi penderita diabetes. Makanan-makanan ini akan membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Disamping untuk mencegah dan mengobati diabetes, beberapa diantaranya juga baik untuk mengotrol kolestrol, mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan dan beberapa hal lainnya.  

Kacang Polong

Kacang polong tinggi serat. Serat merupakan komponen tumbuhan yang membuat Anda kenyang, menurunkan gula darah, bahkan menurunkan kolesterol. Selain itu kacang polong juga mengandung kalsium, mineral yang terbukti mampu membakar lemak tubuh. Kacang polong juga merupakan makanan yang kaya protein. Berbeda dengan sumber protein hewani (daging), kacang polong rendah lemak jenuh, lemak yang menyumbat arteri pemicu penyakit jantung.

Susu

Produk susu seperti susu, keju yogurt, kaya kalsium dan vitamin D. Sebuah studi menemukan perempuan yang mengkonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium atau lebih dari 800 international unit (UI) vitamin D sehari beresiko 33 % lebih rendah menderita diabetes dibandingkan mereka yang mengkonsumsi kedua nutrisi ini dalam jumlah kurang. Tapi pastikan memilih prosuk susu yang rendah lemak atau bebas lemak.

Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3. Tiga ons salmon menyediakan sekitar 1.800 mg omega-3. Jenis lemak ini berfungi mengurangi risisko penyakit jantung, menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, serta memperbaiki resistensi insukin. Selain itu, ikan juga mengandung vitamin D.

Tuna

Tuna merupakan jenis ikan sehat yang juga kaya akan asam lemak omega-3. Tiga ons tuna menyumbang 1.300 mg omega-3 dan sejumlah vitamin D.

Oats

Oats juga kaya akan serat, setengah cangkir oats instan menyumbangkan empat gram serat. Penelitian menunjukkan bahwa pencinta oat bisa menurunkan kadar kolestrerol jahal LDL serta memperbaiki resistensi insulin. Kandungan serat dalam oat memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat. Karena itu, kadar gula darah Anda akan stabil.

Biji rami

Biji rami, kaya akan serat dan alpha-linolenic acid (ALA), yang akan diubah tubuh menjadi omega-3  EPA dan DHA. Beberapa studi besar telah menemukan hubungan antara peningkatan asupan ALA dan penurunnan kejadian penyakit jantung, serangan jantung, serta gangguan kardiovaskular lainnya. Biji berukuran kecil ini juga dinyatakan bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah

Kenari

Satu ons kacang sehat ini (skitar tujuh biji) mengandung dua gram serat dan dua koma enam gram ALA. Tapi, jumlah tersebut juga menyumbangkan 285 kalori. Jadi, perhatikan jumlah asupan jika Anda sedang mempertahankan berat badan.

Selai kacang

Beberapa studi telah meyatakan bahwa selai kacang bisa mengurangi risiko diabetes. Kandungan serat di dalamnya (dua sendok makan mengandung dua gram serat) turut berperan dalam menurunkan risiko ini. Selain itu, selain kacang juga mengandung lemak tunggal tidak jenuh yang baik untuk jantung. Tapi makanan ini juga kaya akan kalori. Karena itu perhatikan takaran asupan Anda.

Cokelat hitam

Cokelat hitam (dark chocolate) ini kaya akan anti oksidan flavanoid, yang berfungsi memperbaiki kadar kolesterol baik dan jahat serta mengurangi tekanan arah. (aa/th)   



Diet dan Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes