Healthy Everyday and Everywhere

Tips Agar Selalu Bersemangat Berolahraga

Untuk selalu termotivasi berolahraga bukanlah satu hal yang mudah. Anda membutuhkan berbagai dorongan internal dan ekstrenal agar Anda terus konsisten untuk melakukannya. Motivasi datang dan pergi dan ia adalah satu faktor yang mempengaruhi apakah kita bisa melakukannya dengan berkelanjutan atau tidak.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan agar olahraga menjadi suatu rutinitas harian dalam kehidupan Anda. Ketika ia sudah menjadi suatu kebiasaan, impian Anda untuk mendapatkan kesehatan yang optimal bukanlah masalah yang besar lagi.

Berikut beberapa tips yang mungkin dapat Anda lakukan agar selalu termotivasi dan bersemangat untuk berolahraga.

Mulailah perlahan-lahan

Hal ini terutama ketika Anda baru saja melakukan olahraga. Jika Anda merasa sedikit sakit pada awalnya, mungkin Anda tidak bersemangat untuk melakukannya keesokan hari, maka mulai secara perlahan-lahan. Lakukan sesuai kemampuan Anda

Misalnya jika Anda lari lari atau joging, tidak perlu melakukannya langsung sejauh 10 km sekaligus. Mulai joging 1km hingga 2 km saja terlebih dahalu. Bila Anda merasakannya terlalu mudah, tambah jaraknya keesokan harinya. Dan kemudian jika Anda ingin melakukan lebih lagi, Anda bisa menambahkan kilometer berikutnya. Anda juga bisa mencatat waktu Anda sehingga Anda bisa memperbaikinya setiap kali Anda lari.

Berimajinasilah tentang diri Anda.

Motivasi selajutnya dapat Anda coba dengan membayangkan diri Anda telah memiliki bentuk tubuh yang ramping dan menarik karena olahraga. Bayangkan celana Anda sudah menjadi longgar, tidak seperti dulu lagi. Anda sudah tidak mampu lagi memegang lemak-lemak yang biasanya menumpuk di sekitar pinggang Anda. Untuk pria, Anda bisa mulai membayangkan bentuk tubuh yang atletis dan berotot yang menjadi menjadi pusat perhatian banyak wanita.

Imajinasi Anda bisa juga dibantu dengan menempel gambar tokoh olahragawan favorit seperti Christiano Ronaldo di wallpaper laptop atau di dinding kamar Anda. Jika Anda melihat sosok tubuhnya, Anda pasti kagum dan ingin menjadi seperti dia. Ini bisa menjadi sumber motivasi yang besar bagi Anda.

Bila Anda melakukan imajinasi secara lebih terperinci, ia akan tersimpan di dalam pikiran setengah sadar Anda (subconscious mind). Bila ia selalu diulang-ulang setiap hari, Anda secara otomatis akan mendapatkan keinginan yang kuat untuk melakukan olahraga.

Fokus satu hal dalam satu waktu

Telah banyak dilakukan pelitian, manusia tidak bisa melakukan dua hal dalam satu waktu. Hal tersebut sebenarnya membuat Anda menjadi tidak produktif dan tidak termotivasi untuk melakukan sebuah perubahan. Misalnya, jika Anda ingin mengurangi berat badan, melakukan diet dan juga berolahraga sekaligus mungkin akan memberatkan Anda pada awalnya.

Mulai satu hal satu dalam  satu waktu. Jika  Anda merasa lebih mudah diet untuk mengurangi berat badan, maka lakukan diet terlebih dahulu. Jika Anda sudah konsisten melakukannya, barulah Anda beralih ke olahraga. Pilih yang benar-benar penting dan efektif untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Dapatkan teman atau pelatih.

Diantara faktor eksternal yang bisa mendorong Anda untuk melakukan olahraga dengan semestinya adalah keberadaan mitra / instruktur. Bila Anda memiliki mitra, Anda akan menjadi lebih disiplin untuk berolahraga. Di waktu Anda tidak bersemangat dan malas untuk berolahraga, mereka dapat mengingatkan Anda.

Teman latihan/pelatih juga dapat membantu Anda latihan secara maksimal dan optimal. Rekan maupun pelatih Anda akan memastikan Anda melakukan latihan/workout yang sesuai dengan kemampuan Anda. Mereka akan memastikan workout Anda benar-benar berhasil dan efektif.

Pada waktu yang sama jika Anda memiliki rekan yang berpengalaman, Anda bisa belajar dari mereka teknik-teknik yang efisien melakukan latihan.

Lakukan apa yang Anda suka.

Saya lebih suka melakukan workout di gym dibandingkan berjoging. Ketika saya melakukan workout di gym, saya dapat merasakan perubahan pada otot-otot setelah melakukannya. Hasilnya terasa lebih cepat. Dan saya akan menjadi lebih termotivasi untuk melakukan workout.

Begitu juga dengan Anda, lakukan olahraga yang Anda suka untuk tetap termotivasi untuk berolahraga. Pilih olahraga yang Anda suka dan bisa/mahir. Melakukan olahraga yang tidak disukai hanya menjadi akan penghambat untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan. Mungkin olahraga tersebut tidak cukup efektif, tetapi ia lebih baik dari Anda terpaksa melakukan sesuatu yang tidak disukai. (hs/psp)



Tips Agar Selalu Bersemangat Berolahraga