Healthy Everyday and Everywhere

Tips Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jika Anda berada pada usia 30-an atau  40-an ke atas, tingkat metabolisme tubuh Anda secara perlahan akan mulai menurun. Hal ini biasanya ditandai dengan mudah naiknya berat badan secara drastis dibandingkan sebelumnya. Pada usia-usia seperti itu sedikit saja Anda makan berlebihan maka berat badan akan cepat meningkat dan sulit untuk kembali diturunkan

Kalau dulu sebanyak apapun makanan yang Anda makan Anda masih dapat mempertahankan berat yang ideal, kini tidak lagi. Turunnya kemampuan tubuh untuk memetabolisme kalori yang Anda makan, mengakibatkan terjadinya penumpukkan lemak pada tubuh. Hal ini tentu menimbulkan satu kekhawatiran, Anda bahkan akan kehilangan motivasi untuk terus berdiet.

Tingkat metabolisme tubuh tergantung pada beberapa faktor. Pria lebih mudah untuk membakar kalori dibandingkan perempuan. Yang muda lebih mudah untuk membakar kalori dibandingkan yang sudah berumur. Meskipun Anda tidak bisa mengontrol metabolisme dari segi umur, genetik dan juga jenis kelamin, ada cara yang bisa meningkatkan metabolisme Anda.

Bentuk otot Anda

Tubuh kita senantiasa membakar kalori, meskipun pada waktu kita istirahat. Tingkat metabolisme saat istirahat ini menjadi lebih tinggi ketika seseorang memiliki otot yang lebih besar. Setiap 0,5 kg berat otot memerlukan energi sekitar 6 kalori setiap hari hanya untuk mempertahankan ukuran otot tersebut saja. Jika Anda melakukan aktivitas angkat berat, otot Anda akan bekerja keras dan akan meningkatkan metabolisme ketika Anda istirahat.

Tingkatkan intesitas olahraga Anda

Olahraga aerobik mungkin tidak membantu Anda membangun otot yang lebih besar, tetapi dapat meningkatkan metabolisme Anda beberapa jam setelah Anda berolahraga. Olahraga dengan intensitas lebih tinggi akan membakar lemak dengan lebih besar dan lebih lama dari jogging biasa. Jadi, tingkatkan kecepatan Anda lari dalam waktu yang singkat dan diselingi dengan kecepatan biasa. Atau jika Anda pergi ke gym, lakukan olahraga yang lebih berat dari biasa dengan waktu istirahat dikurangi.

Banyak minum air


Tubuh membutuhkan air untuk memproses kalori. Jika Anda mengalami dehidrasi (kekurangan air), tingkat metabolisme Anda akan turun. Menurut penelitian, seseorang yang minum 8 gelas air membakar kalori lebih banyak dari pada seseorang yang minum hanya 4 gelas air saja sehari.

Makan makanan pedas

Makanan yang pedas memiliki bahan kimia yang mampu meningkatkan metabolisme pada tingkat yang lebih tinggi. Efeknya mungkin sekejap tetapi ketika Anda terus makan makanan yang agak pedas, efeknya akan bertambah.

Konsumsi protein lebih banyak

Tubuh membutuhkan lebih banyak kalori untuk mengolah makanan yang mengandung protein dibandingkan makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat. Protein membutuhkan 25% lebih energi dibandingkan lemak untuk dicerna.

Minuman teh hijau

Terlalu banyak penelitian yang menunjukkan manfaat teh hijau. Anda tidak bisa menyangkal kebaikannya untuk kesehatan tubuh. Di dalam penelitian ilmiah, ketika Anda minum 2 hingga 4 cangkir teh hijau sehari, ia akan membakar kalori di dalam tubuh Anda sebanyak 17% lebih tinggi dari yang biasa dalam waktu singkat.

Minum kopi hitam
Minum kopi selain sebagai penambah energi dan konsentrasi dalam rutinitas harian terutama pada pagi hari, ia juga terbukti mampu membantu meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Kopi mengandung kafein yang dibutuhkan untuk proses metabolisme kalori yang Anda konsumsi sehari-hari.

Hindari diet yang ekstrim

Diet yang ekstrim biasanya melibatkan diet yang hanya mengambil kurang dari 1000 kalori perhari. Walaupun diet ini memungkinkan Anda menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat tetapi ia akan menyebabkan metabolisme Anda menjadi lambat. Diet ini juga akan menyebabkan sebagian dari berat otot juga berkurang. Ia tidak hanya bertindak pada lemak tetapi juga pada otot. Semakin ringan berat otot Anda semakin rendah metabolisme Anda.

Akibatnya, badan Anda akan mulai mengadaptasi dan membakar kalori dengan lebih rendah dan mudah menyebabkan berat Anda bertambah dengan mendadak lebih tinggi dari sebelum Anda berdiet. (hs/psp)



Tips Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh