Healthy Everyday and Everywhere

9 Tips Mendapatkan Kulit Wajah Cantik Tanpa Jerawat

Memiliki kulit wajah yang cantik tanpa adanya jerawat dan flek hitam adalah idaman setiap orang. Namun untuk mendapatkan wajah cantik tanpa cela harus butuh perawatan yang ekstra. Kita harus rajin membersihkan wajah, melakukan perawatan dan menjaga kesehatan serta mengurangi asupan makanan yang mungkin akan menyebabkan munculnya jerawat di wajah.

Jerawat sendiri sebenarnya terjadi ketika pori-pori muka tersumbat dengan minyak, sel-sel kulit dan juga bakteri yang menyebabkan peradangan. Penyebab lain munculnya jerawat adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal ini biasa terjadi ketika masa pubertas, menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Walau jerawat bisa timbul dari banyak hal, namun kehadirannya bisa dikendalikan. Tips-tips berikut dapat Anda lakukan untuk  menghindari munculnya jerawat  demi mendapatkan kulit wajah cantik idaman Anda:

1. Ubah pola diet Anda

Makan coklat, permen, kacang dan makanan berminyak dapat merubah gestur kulit Anda. Batasi asupan junk food dan dapatkan lebih banyak vitamin. Rubah pola diet Anda secara umum agar lebih sehat. Tidur yang teratur dan jangan biarkan tubuh kekurangan cairan. Minumlah setidaknya 2 liter (8 gelas) air sehari.

2. Makan sayur dan buah-buahan 

Konsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A dan vitamin E. Dua vitamin ini telah diketahui memberikan kebaikan pada kulit. Sayuran-sayuran hijau dan berdaun seperti sawi dan juga brokoli kaya dengan vitamin E. Vitamin A bisa ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran yang berwarna seperti wortel, buah pic dan sebagainya.

3. Jangan cuci muka berlebihan

Mencuci muka terlalu sering dengan cara agak kasar akan akan meningkatkan penghasilan minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Mencuci muka terlalu sering pun akan membuat kulit mudah luka dan sensitif dan ini  bisa menyebabkan jerawat Anda menjadi lebih parah. Sebaiknya, cuci muka terutama di bagian yang berjerawat 2 kali sehari dengan sabun yang lembut dan juga air yang bersih.

4. Pilih sabun yang bebas minyak

Sabun bebas minyak tidak akan menyebabkan pori muka Anda tersumbat atau menyebabkan bintik hitam, jerawat maupun bintik putih. Biasanya jika tertulis "oil-free", "nonacnegenic" atau "noncomedogenic" di label keterangan, produk tersebut lebih baik. Cuci muka Anda dengan lembut dengan jari-jari Anda.

5.  Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit anda

Jika kulit anda berminyak maka gunakanlah kosmetik untuk kulit berminyak, jika kosmetik yang anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, jerawat akan segera mendatangi kulit wajah anda. Jadi berhati-hatilah dalam memilih kosmetik. Sebelum dan setelah Anda 'make-up' pastikan Anda mencuci muka Anda.

6. Gunakan pelembab kulit

Menggunakan pelembab akan membantu menyehatkan kulit Andaa, terutama dari masalah kulit kering dan pecah-pecah. Namun pelembab disini bukan berarti pelembab yang berminyak. Sekarang sudah banyak produk kosmetik yang berbahan dasar dari air.

6. Jangan berjemur di bawah terik matahari

Sebuah mitos selama ini yang menyatakan bahwa taning / berjemur itu dapat menyehatkan kulit. Pada kenyataannya sinar UV bisa menyebabkan kulit Anda berisiko mendapat kanker, penuaan dini dan juga berkerut. Dan juga ada produk jerawat seperti retinoid topikal menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif setelah Anda berjemur dibawah terik matahari.

7. Gunakan 'sunscreen' bebas minyak

Gunakan 'sunscreen' atau pelembab yang memiliki 'sun protection factor' (SPF) 15 atau lebih tinggi yang menyediakan perlindungan menyeluruh dari sinar ultraviolet (UV A) dan juga UV B. Cari produk yang dilabelkan 'non-comedogenic' yang tidak memasuki pori-pori kulit. Pakai setiap 2 jam sekali.

8. Hati-hati menggunakan produk untuk rambut


Saat menggunakan produk untuk rambut, usahakan jangan sampai kena ke wajah. Tutupi wajah Anda dengan handuk saat menggunakan minyak rambut, hairspray atau mousse. Setelah selesai mandi, jangan lupa kembali bilas wajah Anda untuk menghilangkan kemungkinan bekas shampo atau conditioner tertinggal di wajah.

9. Jangan pencet jerawat Anda!


Jika Anda melakukannya itu bukan saja membuat jerawat bertambah parah, bahkan bisa meninggalkan parut pada kulit wajah. Coba tahan ketika mulai melihat jerawat Anda mulai tumbuh. Ada alat khusus yang dapat Anda gunakan untuk memijit jerawat tersebut, itu pun setelah jerawat tersebut sudah masak. (hs/pss)



9 Tips Mendapatkan Kulit Wajah Cantik Tanpa Jerawat