Healthy Everyday and Everywhere

Mengenal Jenis-jenis Stadium Kanker Serviks

Stadium adalah istilah yang digunakan oleh ahli medis untuk menggambarkan ukuran kanker serta sejauh mana kanker tersebut telah menyebar dan menyerang jaringan di sekitarnya. Penetapan stadium ini merupakan upaya hati-hati guna mengetahui dan memilih perawatan yang terbaik untuk mengobati penyakit bersangkutan.

Untuk kanker serviks, sistem yang umumnya digunakan untuk pembagian stadium adalah sistem yang diperkenalkan oleh International Federation of Gynecology and Obstetrics (FIGO). Pada sistem ini, angka romawi 0 sampai IV menggambarkan stadium kanker. Semakin besar angkanya, maka kanker semakin serius dan dalam tahap lanjut.

Untuk mengetahui sejauh mana kanker serviks telah menyerang Anda, dokter akan melakukan beberapa rangkaian pemeriksaan fisik pada Anda. Pemeriksaan tersebut antara lain colposcopy, yaitu teropong leher rahim, cone biopsi (pengambilan sedikit (jaringan serviks untuk diteliti oleh ahli patologi) dan tes penanda tumor SCC melalui pengambilan contoh darah.

Stadium 0   

Stadium ini disebut juga ‘carsinoma-insitu’ yang berarti kanker belum menyerang bagian yang lain. Pada stadium ini, perubahan sel abnormal hanya ditemukan pada permukaan serviks. Ini termasuk kondisi pra-kanker yang bisa diobati dengan tingkat kesembuhan mendekati 100%.

Stadium I

Stadium I berarti kanker telah tumbuh dalam serviks, namun belum menyebar kemanapun. Saat ini, stadium I dibagi  menjadi beberapa bagian yaitu :

1. Stadium IA.
Pertumbuhan kanker  begitu kecil sehingga hanya bisa dilihat dengan sebuah mikroskop atau kolposkop. Pada stadium IA1, kanker telah tumbuh dengan ukuran kurang dari 3 mm ke dalam jaringan serviks, dan lebarnya kurang dari 7 mm.  Stadium IA2, berukuran antara 3 sampai 5 mm ke dalam jaringan-jaringan serviks, tetapi lebarnya masih kurang dari 7 mm.

2. Stadium IB. 
Area kanker lebih luas, tetapi belum menyebar. Kanker masih berada dalam jaringan serviks. Kanker ini biasanya bisa dilihat tanpa menggunakan mikroskop. Pada kanker stadium IB1, ukurannya tidak lebih besar dari 4 cm. Sementara untuk stadium 1B2, ukuran kanker lebih besar dari 4 cm (ukuran horizontal).

Stadium II

Pada Stadium II, kanker telah menyebar di luar leher rahim tetapi tidak ke dinding panggul atau sepertiga bagian bawah vagina. Stadium ini dibagi menjadi :

1. Stadium IIA
Kanker pada staduim ini telah menyebar hingga ke vagina bagian atas. Pada stadium IIA1 kanker berukuran 4 cm atau kurang. Sedangkan pada Stadium A2 kanker berukuran lebih dari 4 cm.

2. Stadium IIB
Pada Stadium IIB kanker telah menyebar ke jaringan sekitar vagina dan serviks, namun belum sampai ke dinding panggul.

Stadium III

Pada Stadium ini, kanker serviks telah menyebar ke jaringan lunak sekitar vagina dan serviks sepanjang dinding panggul. Mungkin dapat menghambat aliran urin ke kandung kemih. Stadium ini dibagi menjadi :

1. Stadium IIIA
Kanker telah menyebar ke sepertiga bagian bawah dari vagina tetapi masih belum ke dinding panggul.

2. Stadium IIIB
Pada Stadium IIIB kanker telah tumbuh menuju dinding panggul atau memblokir satu atau kedua saluran pembuangan ginjal.

Stadium IV

Kanker serviks Stadium IV adalah kanker yang paling parah. Kanker telah menyebar ke organ-organ tubuh di luar serviks dan rahim. Stadium ini dibagi menjadi

1. Stadium IVA
Pada Stadium ini, kanker telah menyebar ke organ, seperti kandung kemih dan rectum (dubur).

2. Stadium IVB
Pada Stadium IVB, kanker telah menyebar ke organ-organ tubuh yang sangat jauh, seperti paru-paru. (ks/psp)



Mengenal Jenis-jenis Stadium Kanker Serviks