Healthy Everyday and Everywhere

Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Bau badan dengan kadar yang normal merupakan identitas bagi seseorang. Namun jika bau atau aroma badan tersebut menimbulkan bau tak sedap tentu akan sangat mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa kurang percaya diri. Karena bau badan selama ini selalu di identikkan dengan suatu hal yang jorok, karena ketidak mampuan menjaga kebersihan diri. Padahal penyebab bau badan bukan karena hal itu saja. 

Banyak faktor lain penyebab timbulnya bau badan diantaranya, faktor keturunan,  kelebihan berat badan, faktor hormonal dan perkembangan mental (masa puber). Terlalu banyak mengkonsumsi daging serta makanan yang mengandung cholin (telur, hati ikan, dan kacang-kacangan), bawang merah, bawang putih, jengkol, kopi, alkohol, makanan pedas dan berlemak juga dapat menimbulkan bau tak sedap pada tubuh Anda.

Rata-rata orang mengatasi masalah bau badannya dengan menggunakan deodorant, parfum, bedak pengharum dan tawas. Tetapi cara itu tak selalu berhasil karena dalam kenyataannya ada bau badan yang memang sulit untuk diatasi. Bagi Anda yang mempunyai masalah mengatasi bau badan tersebut dapat melakukan pengobatan dengan bahan alami seperti di bawah ini:

Daun Sirih (Piper Betle)

Selain populer sebagai tanaman yang mengandung anti septik, daun sirih juga mempunyai zat yang mampu menghilangkan bau badan yang ditimbulkan oleh jamur dan bakteri. Caranya rendam beberapa lembar daun sirih dengan air panas, setelah dingin minumlah dua kali sehari. Atau haluskan daun sirih dengan campuran kapur lalu oleskan pada ketiak sebelum mandi. Daun sirih juga berkhasiat untuk menghilangkan bau pada mulut

Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia)

Gunakan jeruk nipis dengan cara memeras airnya dan campurkan dengan kapur sirih lalu oleskan pada daerah dan bagian tertentu seperti ketiak dan sela-sela paha. Lakukan  cara ini secara teratur untuk menghilangkan bau badan.

Rimpang Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

Kandungan zat Sapomin, flavoinoida dan minyak asiri yang terkandung dapat menghilangkan bau badan yang kurang sedap. Rebus rimpang temulawak yang telah dipotong halus hingga mendidih, tambahan sedikit madu lalu minum airnya secara teratur. Selain diminum parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan, dan didiamkan hingga kering sebelum dibersihkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Cengkih (Eugenia Aromatica)

Rendam beberapa kuntum bunga cengkeh dalam air hangat hingga mengembang. Lalu airnya diminum dapat memberi kesegaran pada aroma tubuh Anda. Air rebusan beberapa kuntum cengkeh dengan gula merah dapat juga menjadi minuman segar dan menghangatkan dikala udara dingin.

Daun Beluntas (Pluchea Indica)

Daun yang selama ini kita kenal sebagai tanaman pagar halaman rumah ini, mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptic serta kandungan kimia seperti asam amino, leusin, isoleusin, triptofan, treonin, lemak dan kalsium serta fosfor besi yang mengandung vitamin A dan C ini berfungsi untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap.

Jadikan lalapan atau kukus terlebih dahulu. Untuk Anda yang tidak suka memakan langsung bisa merebusnya dan minum secara teratur pada pagi dan sore hari. Daun beluntas juga bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh.

Daun Kemangi (Ocimun Baliscium)

Zat aktif pada daun semanggi berfungsi sebagai antiseptik yang akan membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan. Daun semanggi juga bermanfat untuk mencegah bau bau tidak sedap pada wanita yang sedang haid dan sebagai obat untuk menambah nafsu makan. Konsumsi sesering mungkin sebagai lalap saat makan Anda sehari-hari.

Jahe (zingiber Officanale)


Masyarakat di India selalu mengkonsumsi jahe untuk menghilangkan bau badan. Sedangkan Kaisar Shen Nong (3000 Sm) di Cina percaya minuman jahe dapat memberi kesegaran pada aroma tubuh, mampu membangkitkan semangat dan mendekatkan kepada aura spiritual.

Pengobatan alami untuk masalah bau badan diatas selain bahan-bahannya gampang ditemukan di pasar-pasar tradisional ataupun swalayan, juga minim efek samping, mengurangi resiko iritasi pada kulit dan telah terbukti khasiatnya sejak zaman dahulu kala. Jadi tidak ada salahnya Anda mencobanya. (rk/ml)



Cara Alami Menghilangkan Bau Badan