Healthy Everyday and Everywhere

Metode Pengobatan Untuk Penyakit Kanker

Saat ini kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Di Amerika Serikat dan beberapa negara berkembang lainnya, kanker sekarang ini bertanggung jawab untuk sekitar 25% dari seluruh kematian. Dalam setahun, sekitar 0,5% dari populasi terdiagnosa kanker. Namun kebanyakan kanker dapat diobati dan disembuhkan, terutama bila deteksi dan pengobatan dimulai sejak awal.

Secara umum, ada 4 jenis metode yang digunakan dalam memerangi kanker yaitu pembedahan, radioterapi, kemoterapi dan immunoterapi. Jenis-jenis pengobatan kanker secara medis ini umumnya memiliki prinsip utama untuk  membunuh/merusak sel-sel kanker. Namun ada juga metode pengobatan yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan/ketahanan tubuh sehingga dapat melawan sel-sel kanker.

Setiap jenis pengobatan kanker memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  Disarankan dalam memilih dan mengunakan jenis pengobatan kanker disesuaikan dengan kondisi pasien (psikis, psikologis & keuangan), jenis kanker, lokasi maupun stadium yang dialami. 

Mari kita lihat masing-masing jenis pengobatan untuk penyakit kanker tersebut:

Pembedahan 

Pembedahan atau operasi merupakan bentuk pengobatan kanker paling tua dan paling besar kemungkinannya untuk sembuh. Pada tahun 1988, dari 1 juta orang Amerika yang menderita kanker, 64 % telah menjalani pembedahan dan 62% dari kelompok ini mengalami kesembuhan.

Jenis pembedahan bervariasi tergantung tingkat berat dan penyebaran kanker (staging). Ada pembedahan yang hanya mengangkat jaringan yang terkena kanker, tetapi pada kasus radikal ada juga pembedahan yang menyebabkan diangkatnya seluruh organ (misalnya rahim atau payudara).

Beberapa kanker sering dapat disembuhkan hanya dengan pembedahan jika dilakukan pada stadium dini. Saat ini karena kemajuan di bidang pembedahan, operasi telah dapat dilakukan dengan luka dan efek seminimal mungkin.

Radiopterapi

Radioterapi adalah penggunaan sinar laser berkekuatan tinggi untuk mengobati kanker. Untuk beberapa jenis kanker seperti di daerah leher dan kepala, kelenjar dan paru-paru,  radioterapi atau terapi penyinaran merupakan pilihan pengobatan kanker yang paling utama.

Radioterapi digunakan untuk dua tujuan, yaitu untuk pengobatan paliatif dan radikal (primer). Pada pengobatan paliatif, radioterapi bertujuan meringankan gejala, misalnya; mengurangi rasa sakit, menghentikan perdarahan atau mengurangi kerusakan struktur saraf di sekitar tumor. Radioterapi diberikan dalam jangka pendek misalnya 1 hari atau 1-2 minggu.

Sedangkan pengobatan radioterapi sebagai terapi radikal bertujuan untuk mengecilkan tumor dan kemudian dilanjutkan dengan pembedahan. Pada kasus ini, radioterapi biasanya diberikan dengan interval yang lebih panjang, misalnya jeda 4-6 minggu untuk memberikan waktu bagi sel-sel normal memperbaiki dirinya.

Kekurangan dari radioterapi yaitu bisa merusak jaringan normal, terutama jaringan dimana sel-sel secara normal berkembang biak  dengan cepat, yaitu kulit, akar rambut, lapisan usus, indung telur, buah zakar, dan sumsum tulang. Namun dengan menentukan target penyinaran secara akurat akan melindungi sel-sel normal sebanyak mungkin.

Kemoterapi

Kemoterapi merupakan terapi kanker yang melibatkan penggunaan zat kimia ataupun obat-obatan dalam pengobatan kanker. Obat anti kanker dikelompokkan dalam beberapa kategori diantaranya: Alkylating agents, Antimetabolit, Alkaloid tanaman, dan Antibiotik antitumor. Dua atau lebih jenis obat sering digunakan sebagai kombinasi agar obat-obat yang digunakan dapat bekerja pada bagian yang berbeda dari proses metabolisme sel, sehingga akan meningkatkan kesembuhan.

Namun saat ini belum ditemukan obat kanker yang banar-benar ideal, yang bisa mengancurkan sel-sel kanker tanpa mencederai sel-sel yang normal. Meskipun demikian, banyak penderita yang bisa diobati dengan obat-obat anti kanker (kemoterapi) dan beberapa diantaranya mengalami kesembuhan.

Cara pemberian kemoterapi dapat dilakukan secara langsung ke dalam pembuluh darah di mana tumor atau kanker tumbuh, melalui drip intravena (dari kantong atau botol cairan), intravena (langsung ke vena, hanya beberapa menit) atau per-oral (berupa tablet, kapsul atau cairan).

Immunoterapi

Immunoterapi disebut juga terapi biologis adalah jenis pengobatan kanker yang relatif baru tetapi diperkirakan akan maju pesat dan menjadi andalan para dokter untuk penyembuhkan kanker secara total. Immunoterapi, seperti imunisasi, bertujuan untuk meningatan kekebalan tubuh guna melawan sel-sel kanker. Immunoterapi ada tiga macam yaitu aktif (vaksin kanker), pasif dan terapi adjuvant. Kadang-kadang  pengobatan jenis ini diberikan bersama-sama dengan jenis pengobatan lain untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. (dm/bpm)



Metode Pengobatan Untuk Penyakit Kanker