Healthy Everyday and Everywhere

4 Faktor Pembentuk Kesehatan Yang Optimal

kesehatan optimal
Anda rutin ke dokter menjalani pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat. Anda selalu menghindari diri dari kuman flu selama berbulan-bulan. Namun, ini tidak berarti Anda dalam kondisi kesehatan yang optimal.

Kesehatan optimal berarti menjalani kehidupan dengan vitalitas yang tinggi, bebas gejala yang menyulitkan dan penyakit kronis. Ini harus menjadi tujuan utama setiap orang untuk menikmati kesehatan fisik, mental, emosi, dan rohani. Pendek kata, kesehatan optimal berarti mencapai kemungkinan menjadikan diri yang terbaik dan untuk mencapai potensi Anda yang sepenuhnya.

Ia adalah kondisi yang mempengaruhi kesejahteraan keseluruhan diri dan untuk mencapainya, Anda memerlukan suatu strategi seimbang, yaitu empat hal penting – diet (makanan), olahraga, istirahat dan sikap mental.

1. Makanan

Kondisi dan penampilan kita adalah hasil dari apa yang kita makan. Karena berbagai ketekanan  dan kesibukan kehidupan modern, kita jarang dapat makan sajian bergizi dalam seharian. Makanan dengan gizi yang buruk tidak hanya menyebabkan berkurangnya vitalitas tubuh tetapi juga membuat Anda berisiko mengidap berbagai penyakit.

Menurut American Cancer Society antara 35 sampai 70 persen kanker bisa terdeteksi sesuai makanan yang dikonsumsi. Makanan yang sehat dan seimbang mengandung vitamin, mineral, protein, karbohidrat, lemak dan serat. Pertimbangkan mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi semua kebutuhan gizi Anda.

2. Berolahraga

Dengan gaya hidup masa kini yang lebih banyak duduk karena tuntutan pekerjaan,  olahraga menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan kebugaran tambahan. Namun, Anda tidak harus memaksa diri mengikuti rutin olahraga berat yang memaksa tubuh Anda sehingga melebihi batasnya. Pepatah no pain, no gain sudah tidak bisa digunakan lagi. Yang Anda butuhkan adalah olahraga sederhana rutin yaitu 3 sampai 5 kali seminggu, yang meliputi kegiatan kardiovaskular, peregangan untuk fleksibilitas, latihan beban untuk membangun otot, ketahanan tubuh, menjaga jantung yang kuat, dan mengurangi efek stres.

3. Istirahat

Banyak orang tidak mengindahkan hal ini dengan istirahat/tidur kurang dari 7 sampai 8 jam dari yang seharusnya dibutuhkan orang dewasa. Tanpa istirahat yang cukup, kemampuan pembelajaran seseorang dan ingatan akan terpengaruh karena manfaat utama tidur adalah untuk memulihkan otak dan menyegarkan tubuh. Ketika tidur, mekanisme perbaikan tubuh Anda kembali bekerja dan memperbaharui sel dari kerusakan akibat berbagai aktifitas sepamjang hari sehingga ketika Anda terjaga, Anda bagaikan seorang yang baru.

4. Sikap Mental

Berapa kali Anda ditanya dengan pertanyaan ini, Apakah gelas ini setengah kosong atau setengah penuh? Ini mungkin terlihat seperti persoalan sepele tetapi jawabannya akan sangat berpengaruh karena akan menggambarkan cara pandang Anda terhadap kehidupan. Kaitan antara pikiran dan tubuh memainkan peran penting pada cara tubuh menangani stres. Sikap mental yang sehat memungkinkan Anda sanggup menangani roda kehidupan yang silih berganti. Bersikap mental yang positif dapat membantu mengurangi stres dan mengatasi kekecewaan dalam kehidupan.

Meskipun mungkin hal-hal diatas bukan satu-satuya cara utama untuk memperoleh kesehatan yang  optimal, Anda seharusnya sudah mulai memiliki gaya hidup yang lebih baik dan seimbang hinngga dapat menikmati kehidupan dengan lebih optimal. (ek/my)




4 Faktor Pembentuk Kesehatan Yang Optimal